Luk 11:23 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan."

Tuesday, February 24, 2015

Membuat Booklet Dengan MS. Word 2007


Salam Damai Sejahtera beserta kita,

Bagi teman-teman yang kesulitan membuat booklet terutama saat akan membuat buku panduan misalnya untuk misa lingkungan, misa keluarga atau acara perkawinan di gereja mungkin cara-cara ini bisa membantu.
  1. Buatlah dokumen masternya menggunakan Microsoft Word (saya menggunakan yang versi 2007). Lalu simpanlah dokumen tersebut. Cek kesalahan atau kekurangan yang ada untuk diperbaiki.
  2. Jika semua sudah dianggap 'sempurna', simpanlah dalam format PDF. Karena Microsoft Office 2007 belum memasukkan penyimpanan dalam format PDF, maka kita perlu instal terlebih dahulu. Download add in/plugin di SINI. Sebelum melakukan instalasi, tutup dulu aplikasi Ms. Word 2007. Setelah semua proses instalasi (relatif singkat waktunya), buka kembali dokumen tadi menggunakan Ms. Word 2007 lalu klik pada Office Button yang ada di pojok kiri atas, pilih SAVE AS - PDF or XPS. Selanjutnya penempatan lokasi penyimpanan dan penamaan dokumen terserah kita.
  3. Jika dokumen sudah tersimpan dalam format PDF, biasanya akan terbuka otomatis. 
  4. Siapkan kertas ukuran A4 lalu masukkan dalam tray mesin pencetak secukupnya.
  5. Nah, kita sudah bisa memulai untuk mencetak booklet impian. Saya menggunakan aplikasi ADOBE READER untuk membaca dokumen-dokumen PDF. Pilih File - Print. Kita akan dibawa pada penyetelan pencetakkan. Di sini saya menggunakan Canon iP2700. Perhatikan gambar di bawah ini : 
    Jika ingin mencetak dengan warna,hilangkan tanda centang pada tanda melingkar merah yang atas. Yang pasti, untuk mencetak BOOKLET, pilihlah seperti pada tanda melingkar yang bawah.
  6. Jika penyetelan sudah, tekan tombol/button PRINT. Sebelumnya pastikan bahwa kertas di tray mesin pencetak cukup. Biarkan tercetak sampai mesin berhenti. Jika mesin sudah selesai, belum berarti pekerjaan beres. Indikatornya adalah munculnya pesan di layar monitor untuk kita membalik kertas. Ambil tumpukan hasil cetakan tadi kemudian tata dengan rapi dengan tidak merubah urutan tumpukan. Masukkan kembali tumpukan tadi dengan sisi yang kosong menghadap kita (asumsinya kita berada di depan mesin pencetak). Lalu tekan tombol OK pada pesan tadi.
  7. Mungkin akan terjadi kesalahan, tapi jangan berkecil hati. Tetaplah mencoba....
Semoga bermanfaat. Berkah Dalem.

No comments:

Post a Comment